RSU Universitas Kristen Indonesia

Jl. Mayjen Sutoyo No.2, RT.5/RW.11, Cawang, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13530

Marhalet Series – Mari Hidup Sehat Ngobrol Edukatif “Mengenal Tuberculosis Pada Anak”

Hai sobat #RSUUKIHebat, tahukah bahwa penyakit TBC perlu diwasapadai juga terutama pada kesehatan anak, menurut narasumber kita yaitu dr. Mildi Felicia, Sp. A, dokter anak RSU UKI.

Waspadai tuberkolusis pada anak seperti, batuk lebih dari 2 minggu, Diare, lemah, letih lesu, pertumbuhan lambat, Demam lebih dari 2 minggu/berulang, tanpa sebab yang jelas, tidak nafsu makan dan berat badan anak turun/tidak naik dalam 1 bulan walaupun sudah dengan penanganan gizi dan kontak erat dengan orang dewasa yang terkena TB (BTA +) 2 minggu.

Agar lebih jelas segera bawa anak untuk melakukan pemeriksaan di RSU UKI atau puskesmas terdekat. anak kita akan menjalani pemeriksaan: mantoux test, cairan bilasan lambung dan foto rontgen. TBC dapat dicegah dan disembuhkan dengan cara, TBC dapat dicegah dengan memutus rantai penularan yaitu dengan mengobati penderita TBC sampai benar-benar sembuh serta dengan melaksanakan Pola Hidup Bersih dan Sehat. TBC dapat disembuhkan dengan minum semua obat yang diberikan secara teratur, sampai dinyatakan sembuh.

Pengobatan TBC, seseorang anak yang positif menderita penyakit TBC bila berobat di Unit Pelayanan Kesehatan (Puskesmas, Rumah Sakit) akan mendapat obat TBC yang disebut “Kombipak” atau paket obat FDC secara gratis.

Untuk tahu informasi selengkapnya, sobat #RSUUKIHebat bisa simak langsung tayangannya melalui Instagram @rsuuki atau silahkan klik link berikut https://www.instagram.com/tv/Cbb_d9GBLk_/?utm_source=ig_web_copy_link

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments