RSU Universitas Kristen Indonesia

Jl. Mayjen Sutoyo No.2, RT.5/RW.11, Cawang, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13530

Tanda Gejala Covid 19 di Mulut

Tanda Gejala Covid 19 di Mulut

Selama ini, gejala Covid-19 yang cukup familiar diketahui oleh masyarakat adalah demam, batuk, sesak napas, dan lain sebagainya. Namun, beberapa peneliti menemukan bahwa ciri-ciri tubuh terinfeksi Virus Corona juga terdapat dalam mulut, gejala infeksi virus tersebut dinamakan Covid Tongue.

Bersama drg. Stephanie Cecilia Muthe dari RSU UKI dan Sarah Naomi dalam Klinik RPK pada Kamis, 2 September 2021 pukukl 08.00 WIB, membahas tentang Tanda Gejala Covid di Rongga Mulut. Dalam Klinik RPK kali ini drg. Stephanie menjelaskan beberapa kondisi yang termasuk dalam Covid Tongue adalah peradangan, benjolan, dan luka di lidah. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa 40% pasien mengalami kulit yang mengelupas dan kemerahan serta merasakan sensasi terbakar. 5 tanda lain untuk mengdiagnosis munculnya gejala Covid 19 dalam mulut yaitu

Muncul lesi dan benjolan pada lidah

Jika mengalami infeksi aktif di tubuh, salah satu tanda yang mungkin dialami pada lidah dan gusi adalah munculnya lesi dan benjolan.

Pada beberapa kasus, orang yang terinfeksi juga bisa mengalami luka atau borok yang parah di permukaan lidah. Kondisi ini bisa menjadi tanda infeksi atau alergi tengah berkembang. Meskipun bisa hilang dalam beberapa waktu, kondisi ini menyebabkan sensasi yang menyakitkan hingga mempengaruhi pola makan orang yang mengalaminya.

Mulut terasa kering

Mulut yang terasa kering juga bisa terjadi akibat adanya infeksi virus atau autoimun. Selain itu, mulut kering bisa menyebabkan bibir pecah-pecah, kekeringan, tukak lidah, infeksi gusi, dan kerusakan gigi. Jika mengalami kondisi seperti ini, segera konsultasikan ke dokter.

 

Dysgeusia atau perubahan rasa

Dysgeusia atau kerusakan selaput pelangi adalah sensasi yang umum dialami para pasien COVID-19. Terkadang membutuhkan waktu hingga berminggu-minggu, agar kondisi bisa pulih normal kembali.

Menurut studi kasus, selain mempengaruhi indra penciuman COVID-19 ini bisa menyebabkan perubahan rasa. Pasien Corona akan merasakan rasa logam pada lidah, yang mungkin membuat mereka sulit untuk mencerna makanan hingga mengganggu pola makan sehari-hari.

Pada kasus tertentu, dysgeusia dan hypogeusia (penurunan sensitivitas rasa) bisa muncul lebih awal dari gejala umum COVID-19 lainnya. Untuk itu, segera lakukan tes COVID-19 jika merasa ada rasa yang tidak biasa yang muncul pada lidah.

Perubahan sensasi lidah

Iritasi mulut, pembengkakan dan penggandaan patogen di dekat rongga mulut bisa membuat lidah terasa aneh. Kondisi ini juga bisa menyebabkan iritasi pada mulut, membuat bibir dan lidah lebih teriritasi dari biasanya.

Perubahan warna pada lidah

Satu tanda lainnya pada lidah jika terinfeksi virus adalah adanya perubahan warna pada lidah yang seharusnya berwarna merah muda. Warna dan tekstur lidah bisa mengalami perubahan akibat adanya infeksi virus, alergi, atau peradangan bisa menyebabkan benjolan yang signifikan. Pada lidah pasien terkadang juga muncul bercak putih, hitam, atau warna gelap pada lidah. Saat mengalami Covid Tongue, pasien terinfeksi Virus Corona akan mengalami kemunculan seriawan dan benjolan kecil di permukaan lidah serta lidah yang membengkak dan berubah warna. Lidah pun bisa dipenuhi dengan bercak putih.

Perlu diwaspadai oleh semua masyarakat. Jika Anda mengalami kondisi tersebut ditambah dengan gejala lain yang sudah sering terjadi, segera hubungi tenaga kesehatan agar mendapat perawatan yang benar.Jangan keluar rumah dan hindari kegiatan yang melibatkan banyak orang. Untuk menghindari penularan Virus Corona, usahakan untuk menerapkan protokol kesehatan secara disiplin. Selalu jaga jarak dengan orang lain, gunakan masker, dan rajin cuci tangan memakai sabun dan air mengalir. Selain itu, hindari tempat-tempat dengan risiko penularan Virus Corona yang tinggi, seperti restoran, gym, kafe, dan lain sebagainya. Menjaga sistem imun tubuh dengan mengonsumsi makanan bergizi dan olahraga secara rutin pun tidak boleh Anda lupakan.